Langsung ke konten utama

Surakarta, Short Escape....

Gapura Candi Cetho

Surakarta,
Short Escape Short Holiday...

Sebenernya tujuan utama ke Surakarta/Solo itu buat tes CPNS. Kebetulan lokasi tes buat pemda Jateng di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, tapi bisa diakses dari Solo jadinya sekalian aja jalan-jalan disana. Kebetulan lagi kebagian tesnya Hari Minggu, jadi bisa ngeblong liburan disana (plus Senin cuti hehe).

Jumat

Beres kerja sekitar jam 5 sore, kita udah standby di agen bus Jakarta-Solo area Cilandak (lupa merk busnya). Untuk trip kali ini kita mau coba bus double decker, soalnya udah penasaran banget dari lama, sering liat di jalan dan pengen banget coba. Jadinya kita coba pake bus ini dengan posisi pergi di kursi bawah (VIP) dan pulangnya di kursi atas (Eksekutif). Lupa lagi harga pastinya, kalo ga salah yang kursi bawah itu antara 200-250rb (soalnya cuma ada 6 kursi, luas banget, hampir bisa tiduran, dan ga kerasa goyang) sedangkan yang kursi atas antara 150-200rb (kursinya biasa aja kaya bus AKAP lainnya, cuma viewnya aja yang beda). Untuk pergi kita beli yang kursi bawah, tapi karena telat jadi kebagian yang jajaran kedua, kalo kebagian jajaran yang pertama enak banget ada kabin kecil bisa buat sandaran kaki disana jadi bisa bener-bener tidur posisinya. Sedangkan untuk pulangnya kita beli yang bagian atas, sengaja pengen ngerasain pengalaman yang beda dari waktu berangkat. Untung buat pulang, kita masih kebagian kursi atas jajaran depan, tapi sayangnya agak zonk sih, si Acnya bocor gitu, jadi sepanjang jalan ketetesan air huft.

Ilustrasi Bus Double Decker, Merknya Belum Tentu
(Sumber: Google.com)

Sabtu

Nyampe Solo Sabtu subuh, langsung ke rumah sodara. Paginya kita sarapan dan mencoba beli Jenang Ayu di deket Stasiun Balapan, tapi ternyata kesiangan, si jenangnya udah habis. Jadinya kita coba makan selat solo di Warung Selat Mbak Lies. Tempatnya masuk gang semobil gitu, tapi tenang jalannya searah dan parkirannya luas kok, ada bapak parkirnya juga yang bantu ngatur jadi ga bakal pusing. Tempatnya lucu banget sih, keramik porselen dimana-mana, buat gw yang sangat cinta piring porselen, tempat itu merupakan tempat cuci mata haha. Disana gw beli selat lidah yang harganya sekitar 20rban. Rasanya enak banget tapi sayang banget porsinya kecil (menurut gw). Jadi buat kalian yang porsi makannya agak banyak atau lagi laper banget, mending makan dulu aja ditempat lain atau bisa buat ganjel-ganjel aja atau cemilan atau beli 2 porsi (kalo ga malu hehe).

Selat Mbak Lies

Setelah dari Mbak Lies, kita mampir ke mall (lupa nama mallnya) karena bingung mau kemana dan hujan deres juga. Beres dari mall kita langsung kembali ke rumah sodara. Ternyata ada temen gw (temen kuliah) yang lagi tes juga di Solo Hari Sabtu ini, jadinya sekalian gw ajak ketemu malemnya (efek euforia bisa menemukan teman yang kenal). Setelah magrib gw jemput temen gw di hotel yang ternyata deket dari rumah sodara. Rencananya mau nongkrong di wedangan lucu gitu di Solo kota (bangunannya rumah lama gitu, vintage) tapi ternyata udah pindah dan ga tau kemana. Iseng googling akhirnya nemu wedangan yang cukup recommended dan lokasinya lumayan deket rumah.
    Namannya Wedangan  Gareng Korem Solo. Rumahan gitu bentuknya, jadi kita kaya makan di teras rumah orang dan pas kesana buseet parkirnya rame bangeeeet, jadi gw berkesimpulan ini wedangan yang cukup hits didaerah sini. Pas masuk bener sih rame banget, ampe agak susah cari tempat duduknya. Suasana tempatnya suka banget sih, rumah vintage dengan meja & kursi yang dari kayu besaaaaar, pilihan sate-sateannya juga lumayan banyak. Ada 1 bonus lagi, ternyata ketemu Rio Haryanto dooooong disanaaaaa!!! Subhanalloh sekali, gw merasa beruntung sekali, nemu wedangan yang sesuai keinginan + ketemu idolaaaa, aslinya cakep banget hoho. Beres dari wedangan langsung pulang soalnya Minggu pagi gw tes CPNS.

Wedangan Gareng Horem Solo

Minggu

Mingu Pagi gw tes CPNS, selesainya tepat pas makan siang. Beres dipake mikir langsung berasa laper banget, jadinya segera mencari sate buntal, yang terkenal dan terdekat dari Donohudan ya sate buntal dekat Stasiun Balapan. Karena pas pertama kali ke Solo nyobain sate buntal di Sate Kambing Pak H. Kasdi, jadinya sekarang kesitu lagi. Selain karena posisinya yang pas, kalo lagi laper banget tu suka males untuk coba-coba tempat baru takut zonk. Untung aja pas dateng udah beres jam makan siang jadi bisa kebagian duduk, itu aja nyempil-nyempil dipojokan. Disini kita beli sate buntal 2 + nasi + teh botol totalnya kurleb 50rban/orang. Setelah itu kita balik ke rumah sodara pake gocar daaaan mobilnya Land Cruiser lah gocar termevvah ever!!! hahaha. Ternyata yang punyanya lagi iseng angetin mobil LCnya jadi sekalian dipake ngegocar (ini orang ngegocar cuma buat iseng aja kayanya).

Sate Buntal di Sate Kambing Pak H. Kasdi

Senin

Sengaja ambil cuti Hari Senin biar bisa maksimal jalan-jalan seharian lalu malemnya langsung kembali ke Jakarta. Rencananya sewa motor seharian untuk Hari Senin ini biar mobilitasnya gampang. Ternyata cari penyewaan motor di Solo ga semudah Jogja, selain opsinya ga banyak, operatornya juga pada slow respon. Buat sewa motor di Hari Senin aja carinya susah banget, padahal udah coba ngehubungin beberapa tempat sewa dari Sabtu dan baru dapet Hari Minggu dengan dapet motor sisa gitu. Ya kalo menurut logika gw sih harusnya sewa motor di Hari Senin bisa lebih gampang soalnya udah bukan hari libur jadi turis-turis pun udah pada pulang kecuali kalo pada cuti juga kaya kita, tapi kan ga mungkin. Mana janjian jam 8 pagi, orangnya masih ga bisa dihubungin, untung tempatnya deket rumah ortu sodara jadi ditungguin. Helm juga dapet yang basah, ga paham lagi ini masa tempat nyewa motor helmnya cuma ini doang ckck. Untung lagi nih dipinjemin helm dan jas hujan dari ortunya sodara. Harga sewanya antara 50-75rban (lupa tepatnya tapi seinget gw sih lebih mahal dari Jogja), untung pas balikinnya bisa dari terminal jadi masih lumayan laah ga bikin gendok amat.
    Destinasi awal Jenang Ayu deket Stasiun Balapan yang kemarin kehabisan itu, sekarang masih kebagian. Karena masih kenyang juga (tadi makan dulu di rumah sodara) jadi jenangnya kita bungkus aja buat nanti dimakan di Candi Sukuh.

Jenang Ayu sebrang pom bensin deket Stasiun Balapan

Perjalanan ke Candi Sukuh cukup jauh (Solo-Karanganyar) jadi emang harus dari pagi, biar maksimal disananya. Nyampe sana sepi banget, kita doang pengunjungnya, berasa private temple wkwk. Iya lah pasti sepi, soalnya kita nyampe di sana itu Senin pagi, dimana kayanya wisatawan juga jarang banget di hari itu. Sebelum masuk bayar tiket gitu, kalo ga salah sih dibawah 10rb, terus disuruh pake kain kotak-kotak yang sudah disediakan. Di Candi Sukuh sepi banget, puas banget foto-foto dan bisa makan jenang tanpa harus malu diliatin pengunjung lain (kita ga nyampah yaaa, bungkusnya langsung buang ke tempat sampah).

Candi Sukuh

Beres dari Candi Sukuh kita langsung ke Candi Cetho, karena lokasinya juga masih berdekatan jadi mendingan sekalian mampir ke sana. Perjalanan ke Candi Cetho lebih ekstrim lagi sih, untung motornya kuat hahaha. Pas mendekati kawasan Candi Cetho banyak banget orang yang melambaikan tangan ngasih instruksi parkir gitu dan ternyata dari tiap parkiran itu lumayan ada kendaraan yang parkir. Gw langsung mikir kayanya di candi ini agak ramai, tapi pas bayar tiket (harganya dibawah 10rban dan dapet kain kotak-kotak lagi) kata petugasnya wisata ke candi lagi sepi, terus gw bingung itu motor orang yang kemana. Taunya motor-motor itu punyanya orang-orang yang lagi hiking ke Gunung Lawu via Candi Cetho jadi ya orang-orangnya pada di gunung hehe. Ketika sampai sana takjub banget sih sama jalananya, asli terjal banget! kalo dilihat dari atas malah lebih serem. Kaya digambar yang pertama, malah kelihatan kaya candi di atas awas sangking terjalnya. Suasana sih cukup ramai, engga sebebas tadi untuk foto di spot-spot yang bagus, kalo beruntung bisa langsung kebagian foto kalo engga ya harus ngantri bentar. Ternyata candi ini masih dipergunakan untuk ibadah, soalnya sempet pas-pasan juga sama yang lagi ibadah.
    Sebenernya di area yang sama tapi agak naik dikit ke gunung ada Candi Ketek, tapi karena laper dan takut keburu hujan (soalnya Solo dan sekitarnya lagi rajin hujan siang-siang) jadi kita putuskan untuk turun dan mampir ke Ndoro Donker Tea House. Mampir kesana soalnya kepincut sama exteriornya yang menarik pas lewat. Tempatnya lucu, makanan dan harganya standar sih, cuma disini tu yang ditonjolin tehnya (namanya juga tea house) ada banyak jenis seduhan teh. Ternyata di daerah sini banyak cafe-cafe yang berlabel "Tea House" dengan design tempat yang ga kalah lucu. Kita sengaja duduk di belakang yang viewnya kebon teh, tapi kebon tehnya kaya yang ga keurus gitu, nampak serem malah takut ada ular. Nasi gorengnya enak dan cukup mengenyangkan. Tea setnya lucu banget sih, model dan gambarnya, dari porselen gitu.

Candi Cetho

Setelah itu kita lanjut jalan ke Solo. Katanya di Karanganyar sebelum fly over menuju Solo ada bakso yang terkenal gitu (sampe pecah kongsi terus jadi ada beberapa gitu dengan nama yang mirip) jadinya kita sempetin mampir di bakso itu. Kalo dari arah Solo sih tepat setelah fly over sebelah kiri. Beres dari tukang bakso kita lanjut lagi jalan ke Solo. Sesampainya di Solo, kita iseng pergi ke bekas pabrik gula di jalan antara Solo - Boyolali. Namanya Ex-pabrik Gula De Tjolomadoe, jadi bekas pabrik gula era Belanda yang sekarang jadi museum, tapi sayangnya Hari Senin tutup, jadi kita cuma bisa foto-foto di sekitar dan ngintip dalem gedung dari pintu-pintu kaca yang ada. Bangunan luarnya cukup instagramable kok, banyak banget spot foto bagus, apalagi yang seneng banget dengan gaya vintage. Karena tutup juga sih jadinya agak sepi pengunjung, walau ada beberapa yang memang datang dengan tujuan foto-foto, tapi ada juga sih yang senasib dengan kita (mau masuk taunya tutup).

Eksterior Area Ex-pabrik Gula De Tjolomadoe

Setelah dari sana, kita segera menuju rumah sodara untuk ambil barang dan jalan menuju terminal. Pengembalian motor bisa langsung di terminal walau ada kendala buat ketemuan yang bikin pusing. Ditambah lagi dengan agen bus yang ga jelas posisinya. Kita beli dari aplikasi bus gitu, jadinya untuk keberangkatan dari terminal cuma disebut nama terminalnya aja, engga posisi yang tepatnya. Pertamanya kita sebut nama busnya, terus disuruh ketemu bapak A, terus udah nyari-nyari disuruh nunggu di ruang tunggu, ampe busnya dateng si bapak A itu ga nyamperin kita dan bener-bener ga kebayang yang mana. Sampe akhirnya karena kita takut ketinggalan bus (besoknya langsung kerja tjoy) kami langsung naik ke bus tanpa ketemu si bapak A. Tapi ternyata dari tiket yang ada di bapak A ada kupon makan malem jadinya setelah nyimpen tas di bus, suami gw turun lagi buat cari si bapak A yang ga tau orangnya cem gemana. Tiba-tiba pas gw duduk ada bapak-bapak yang manggil sambil pegang tiket, taunya itu dia, kemana aja coba dari tadi, laki gw nyariin ampe ga ketemu. Akhirnya setelah dapet tiket gw telpon suami gw dan kita langsung naik busnya. Terus Acny bocor, sepanjang jalan sibuk nyumpel lubang AC, bener-bener kurang deh.

Menurut pengalaman gw sih, kayanya pake bus double decker cuma buat penasaran aja sih, setelahnya kalo mau ke Solo lagi mending pake bus yang biasa aja, karena harganya pun lebih murah yang AKAP biasa dan posisi naiknya ga seribet yang ini (bisa naik dari Lebak Bulus).

Sekian...

Postingan populer dari blog ini

Berang-berang Laut (Sea Otter)

Yup! Berang-berang laut. Ada ga sih yang tau kalo di laut juga ada berang-berangnya. Ternyata berang-berang itu ada juga yang hidup di laut. kalo dibandingin secara umum dengan berang-berang yang ada di darat sih sebenernya ga jauh beda, tapi pasti ada bagian-bagian tertentu yang bikin mereka berbeda, secara gitu tempat hidupnya juga jelas beda. Nih klasifikasinya: Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Subphylum: Vertebrata Class: Mammalia Order: Carnivora Family: Mustelidae Subfamily: Lutrinae Genus: Enhydra Fleming , 1828 Species: E. lutris      Berang-berang laut / Sea Otter ( Enhydra lutris ) merupakan mamalia laut terkecil (ya secara gitu ya kalo dibandingin sama paus, lumba-lumba, dugong, anjing laut; ya pasti jadi mahluk yang paling kecil lah).  Berat tubuh berang-berang dewasa hanya sekitar 14 - 45 kg. Nah, kalo habitat berang-berang laut ini ada di Utara Samudera Pasifik yaitu di daerah Pantai California, Kanada, Washingto

Cirebon Short Escape

Keraton Kanoman Cirebon Cirebon, 2018. Kala itu sedang ngehits-hitsnya tes CPNS. Kebetulan saya ikut tes CPNS untuk pemda Cirebon. Tesnya di sebuah hotel di daerah Kab. Cirebon. Waktu itu niatnya mau pergi sendiri tapi ibu tiba-tiba ingin ikut, jadi aja sekalian kita jalan-jalan. Sempet ada miss waktu itu, jadwal udah keluar, tiket kereta udah beli dan hotel pun udah dibooking, taunya diundur beberapa hari, well hanguslah semuanya. Akhirnya waktu itu kita berangkat sore-sore dari Bandung pake mobil pribadi via tol.  Nyampe Cirebon sekitar jam 7 malem, tempat pertama yang di tuju adalah Grage Mall. Dari dulu penasaran banget sama mall itu karena kayanya itu tu mall paling dibanggakan (pada masanya). Pas udah nyampe sana kita muter-muter bentar terus lanjut ke hotel. Kita nginep di Sapadia Hotel Cirebon, kenapa nginep disana? 1. karena yang paling deket terminal (karena asalnya mau naik bis jadi demi kenyamanan alangkah lebih baik jika mecari hotel terdekat dari terminal), 2. karena me

Camping for first time...

Well seumur hidup gw (kurleb 27thn) baru kali ini ngerasain camping, karena sebelumnya parno banget gara-gara waktu kecil pernah camping di halaman rumah temen (yang luas banget) dan tepat tengah malem denger suara yang aneh-aneh. Dari situ ga pernah mau camping lagi. Suatu hari diajak sama temen-temen kantor buat ngecamp di Ranca Upas, Ciwidey. Alesan mau ikut karena gw tau disana itu rame banget, seengganya ga bener-bener sendiri di alam terbuka. Waktu itu juga kayanya yang proper buat ngecamp cuma 1 orang deh, sisanya kita cengo cemua hahaha      Waktu itu kita jalan dari kantor Hari Jumat pagi, makan siangnya di Rumah Makan Ampera Soreang, lumayan murmer dan mengenyangkan. Terus nyampe Ranca Upas, kita bayar karcis gitu buat masuk, hitungannya itu: orang + mobil + biaya camp (yang biaya camp ga tau permobil apa perorang, lupa) ada biaya inep kendaraan juga tapi lupa termasuk ke biaya camp atau beda lagi. Nyampe sana ternyata lumayan rame, ada gelombolan bocah pramuka dan ada