Langsung ke konten utama

My First Solo Trip at Solo

Jadi ini tu sebenernya semacam efek kebetean di rumah gegara belum ada panggilan kerja aja dan uang masih cukup ada untuk dipake jalan keluar. Soalnya udah agak mulai bahaya sih, mulai ingin jajan ini itu lagi, kalo dipikir-pikir dari pada uangnya habis cuman dipake jajan di Bandung, mending dipake jalan keluar sekalian dan pilihannya adalah Surakarta. Kenapa Surakarta? penasaran aja sih. Niatnya sih mau pergi minggu malem-malem, jadi pas hari Jumat long weekend itu udah balik. Tapi karena tiba-tiba Selasanya gw ada panggilan tes di Surabaya, jadilah trip diundur dan diperluas wilayahnya.

1. Surabaya
Berangkat Senin sore dari Bandung pake kereta, dengan sebelumnya hectic ngurusin SPT sama rekening BRI yang tiba-tiba ke blokir itu. Untung sebelumnya udah aktifin mobile banking jadi bisa aktifin via mobile banking jadi ga perlu antri ke CS yang penuhnya amit-amit parah.
Nyampe Surabaya jam 6 pagi dan yang kepikiran pertama adalah Mcd (bukan maksud promosi tapi cuman ini yang salahsatunya buka 24 jam dan sudah terbiasa dijadikan tempat orang-orang transit). Makan sama numpang ganti baju + touch up dikit. Pergilah gw tes di aula salahsatu kampus di Surabaya. Niatnya kalo langsung ga lolos mau langsung cabut ke Solo pake kereta, taunya lolos terus ikut tes selanjutnya. Beres tes sore, karena agak serem kalo ke terminal, jadinya pake travel (setelah dikasih tau temen sesama peserta tes). Kelar tes jam 2 dan travel cuss jam 7 malem, bingung kan mau ngapain? lalu tetiba gw kepikiran waktu itu pas ke Surabaya pengen ke Tunjungan Plaza dan akhirnya nongkrong disitulah gw. Gila mallnya gede banget!!! seketika jadi upay gw. Wcnya keren hahaha (bener kata vidlia wkwk) 5 jam keliling dan belum semuanya terjelajahi (kalo kata warloknya sih seharian baru bisa beres menjelajahi itu mall, hmm mungkin bisa jadi agenda selanjutnya kalo pure maen ke Surabaya). Malemnya dijemput di lobby mall sama travel, namanya Putra Agung. Harganya 130rb (kalo ga salah) well lebih banyak ngangkut barangnya sih daripada orangnya, kemarin aja cuman ber4. Gw sendiri ke Solo, 3 lagi ke Jogja. Baik bapa-bapanya, dianter tepat ke tempatnya. Asalnya gw pikir cuman diturunin di asal Mcd, taunya GPS hapenya yang agak eror, pas mesen gojek ternyata gw ada di Mcd yang benar (maafkan gw yang udah suujon pa).

2. Surakarta (Solo)
Ini nih tujuan trip awal gw. "My First Solo Trip at Solo". Seperti biasa, nongkrong di Mcd lagi ampe pagi. Kesan pertama gw liat Solo adalah Tenang. Semuanya nampak tertib, ga berisik klakson, tertib rambu lalulintas. Gw disana keliling pake gojek, lumayan pada cepet tanggap juga walaupun pake gopay, pada ramah dan baik. ung-naggung gitu, agak jauh untuk jalan tapi deket kalo pake kendaraan. Selama trip ini tu jaraknya naggBerikut list kunjungan gw:
  •  Bank BRI

Kenapa? karena tetiba sms banking gw ga bisa dipake. Untung gegara kemarin abis ngurusin blokir rekening dan berbekal beberapa feeling, jadi gw bawa-bawa itu buku tabungan dan ternyata sangat berguna. Setelah hampir sejam disitu, mulai lah gw jalan ke tempat selanjutnya.
*Sempet disangkain gw kuliah di Solo (wiih masih tampang mahasiswa berarti gw hihi), tapi pas gw bilang gw lagi solo trip dan si mba-mbanya agak aneh gitu melihat gw solo trip.
  • Pura Mangkunegara

Semacam tempat keraton gitu sih dan ternyata ini yang masih dipake orang-orang keraton tinggal. Gw puas banget dengan treat disini, langsung disediain guide (gw nyesel kasih tipnya kecil, abis hanya itu pecahan kecil yang tersisa, maaf pa huhu) bener-bener diceritain semuanya. Gw sangat tertarik dengan koleksi giwangnya. Bagus-bagus, etnik gitu, dari yang kecil ampe yang agak gede (kalo yang gede banget jadi serem juga liatnya, kasian kupingnya). Diceritain lagi kisah Gusti Nurul yang nari di Belanda dan lagunya siaran live TRVI dari Indonesia. Tiket masuk 10rb (kalo ga salah) + guide seiklasnya.
*lagi-lagi ditanyain kenapa jalannya sendirian, sempat dikasihani sama guidenya.

Video waktu beres tour keliling Pura Mangkunegara, pas lagi ada yang latihan gamelan (ntah itu namanya apa)
(semoga bisa keputer, ini doang dokumentasi yang ada pas di Solo)

• Sate Buntel Pak H. Kasdi
Sebenernya selama trip Solo ini ga ada niat wisata kulinernya, tapi karena ada saran dari temen yaudah dicobalah si sate buntel ini. Seporsinya dapet 2 sate buntel dan cukup bikin enek sih (kalo buat gw). Pokonya seporsi sate buntel + es jeruk totalnya 25rb.

• Museum Radya Pustaka
Beres makan gw langusng lanjut jalan lagi (karena takut ga beres tripnya, males kalo harus ekstend, kan berarti ngolor lagi jadwal lainnya). Dan ternyata itu museum berada di sebelah Taman Sriwedari which is sebrang Bank BRI tadi. Tau gitu abis dari bank gw nyebrang dulu ke situ. Ntah sih gegara hectic bank itu lagi sih jadi bikin gw agak blahbloh kembali. Jadi ga kepikiran buat liat-liat rute yang efektif, tapi yasudah lah, lanjut ke museum.
Masuk museum gw perekspektasi dapet treat kaya sebelumnya, tapi ternyata disini cuman disuruh isi buku tamu terus bebas mau ngapain. Masuknya gratis, ga ada guide juga (ga tau karena lagi ada kunjungan bocah-bocah jadi mereka sibuk atau apa). Kalo gw sih kurang tertarik sama isinya, ga tau kalo orang lain. Jadi ya cuman bentar disitu, lalu keluar dan mesen gojek.
*lagi-lagi disangkain mahasiswa. tapi kalo ini disangkainnya mahasiswa Jogja yang lagi trip ke Solo. Kembali dikasihani oleh bapak gojek gegara jalan sendiri

• Benteng Vastenburg
Yang ini sangat bikin kecewa!!! Kenapa? karena ternyata bentengnya ga bisa dimasukin. Si bapak gojeknya juga sempet bingung ketika gw order mau masuk sana karena menurut doi cuman bisa ampe depan doang, orang digembok gerbangnya. well gw kira bisa dimasukin gitu, kata beberapa benteng yang lain (hmm ini gw yang salah sih, kurang teliti pas penjajakannya). Yaudah langsung lanjut lagi aja, abis bingung juga mau ngapain.
*Kembali dikasihani gegara jalan sendiri
  • Keraton Surakarta
Ini adalah Museum. Gw pikir bakal kaya di Jogja, si keraton itu masih ada orang keraton yang tinggal mangkannya ada private area, teryata ini tu pure museum, kalo mau yang ada tempat tinggalnya itu yang Pura Mangkunegara itu (untung gw kepikiran mau ke sana). Well koleksinya sih hampir sama aja dengan yang di Pura Mangkunegara (tapi yang disana lebih mantep lagi, gw rekomendasiin banget ke sana), Radya Pustaka, paling sih disini ada kereta kudanya. Hmm agak serem sih karena gw jalan-jalan di dalem ruangan yang agak gelap sendirian dengan pajangan barang-barang lama yang bikin serem. Sempet ragu mau jalan ke ruang sebelah apa engga, ampe maju mundur beberapa kali, degdegan parah dan sempet kaget pas liat dibalik tembok ada boneka orang-orangan lagi maen gamelan (feels like orang asli men!!!) untung kaga pake gerak njir itu boneka, langsung aja jalan agak kebut. Well walaupun di semua ruang dan lorong gw banyaknya sendiri (karena masih weekday jadi ga banyak wisatawan) tapi cuman ditempat yang tadi doang asli gw takutnya. Masuk 10rb kalo ga salah, banyak yang nawarin guide tapi gw lagi agak buru-buru (kalo pake guide lama, abis kan semuanya diceritain).
*Kembali dikasihani oleh mbah-mbah guide gegara jalan sendiri.
  • Serabi Notosuman Ny. Lidya
Inilah salahsatu alesan gw pengen ke Solo. Yup! makan serabi Solo di Solo. Asalnya pengen beli banyak buat oleh-oleh juga, tapi ternyata kuatnya kurang dari 24 jam (yaiyalah oarang kue basah dan bersanten pulak), jadi yasudah beli secukupnya saja. Mantep lek, tebel serabinya dan enak-enak. Beli 5, coklat 3, putih 2 itu 12rb (kalo ga salah). Kenapa Ny. Lidya? karena ketika browsing merk itu yang banyak keluar. Sebenernya sih karena emang doyan mau merk apa aja juga bole asal dari jalan Notosuman, tapi kalo nemu yang rekomen ya kenapa tidak hehe

Sempet galau abis dari situ mau kemana, karena list trip udah beres dan udah mesen tiket kereta ke Jogjanya buat ntar malem (yang 40rb). Tapi bingung mau ke mana, udah browsing-browsing tapi ga begitu niat, ngantuk juga sih udah 3 hari belum tidur enak + belum mandi, cuci muka dan sikat gigi pula hahaha jadi akhirnya gw memilih untuk naik kereta Prameks yang jam 2 (8rban doang) dan merelakan 40rb gw melayang. Udah ga karuan juga sih.
Naiknya dari Stasiun Balapan which is sebrang si tukang sate itu. Kalo tau bakal balik siang sih mending makan satenya sebelum cabut dari Solo. Ini nih, lagi-lagi kekacauan gegara jadwal yang agak berantakan (padahal udah disiapin lho, belom bagus berarti persiapannya, next harus lebih tertata). Naeknya sempet rebutan gitu, tapi dapet tempat duduk dan bisa tidur lumayan pules ampe Jogja.

well maklum ini masih agak amatir, jadi ga banyak nyimpen foto.

Sekian celoteh my first solo trip at Solo. Lanjut ke Jogja yuks

Postingan populer dari blog ini

Berang-berang Laut (Sea Otter)

Yup! Berang-berang laut. Ada ga sih yang tau kalo di laut juga ada berang-berangnya. Ternyata berang-berang itu ada juga yang hidup di laut. kalo dibandingin secara umum dengan berang-berang yang ada di darat sih sebenernya ga jauh beda, tapi pasti ada bagian-bagian tertentu yang bikin mereka berbeda, secara gitu tempat hidupnya juga jelas beda. Nih klasifikasinya: Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Subphylum: Vertebrata Class: Mammalia Order: Carnivora Family: Mustelidae Subfamily: Lutrinae Genus: Enhydra Fleming , 1828 Species: E. lutris      Berang-berang laut / Sea Otter ( Enhydra lutris ) merupakan mamalia laut terkecil (ya secara gitu ya kalo dibandingin sama paus, lumba-lumba, dugong, anjing laut; ya pasti jadi mahluk yang paling kecil lah).  Berat tubuh berang-berang dewasa hanya sekitar 14 - 45 kg. Nah, kalo habitat berang-berang laut ini ada di Utara Samudera Pasifik yaitu di daerah Pantai California, Kanada, Washingto

Cirebon Short Escape

Keraton Kanoman Cirebon Cirebon, 2018. Kala itu sedang ngehits-hitsnya tes CPNS. Kebetulan saya ikut tes CPNS untuk pemda Cirebon. Tesnya di sebuah hotel di daerah Kab. Cirebon. Waktu itu niatnya mau pergi sendiri tapi ibu tiba-tiba ingin ikut, jadi aja sekalian kita jalan-jalan. Sempet ada miss waktu itu, jadwal udah keluar, tiket kereta udah beli dan hotel pun udah dibooking, taunya diundur beberapa hari, well hanguslah semuanya. Akhirnya waktu itu kita berangkat sore-sore dari Bandung pake mobil pribadi via tol.  Nyampe Cirebon sekitar jam 7 malem, tempat pertama yang di tuju adalah Grage Mall. Dari dulu penasaran banget sama mall itu karena kayanya itu tu mall paling dibanggakan (pada masanya). Pas udah nyampe sana kita muter-muter bentar terus lanjut ke hotel. Kita nginep di Sapadia Hotel Cirebon, kenapa nginep disana? 1. karena yang paling deket terminal (karena asalnya mau naik bis jadi demi kenyamanan alangkah lebih baik jika mecari hotel terdekat dari terminal), 2. karena me

Camping for first time...

Well seumur hidup gw (kurleb 27thn) baru kali ini ngerasain camping, karena sebelumnya parno banget gara-gara waktu kecil pernah camping di halaman rumah temen (yang luas banget) dan tepat tengah malem denger suara yang aneh-aneh. Dari situ ga pernah mau camping lagi. Suatu hari diajak sama temen-temen kantor buat ngecamp di Ranca Upas, Ciwidey. Alesan mau ikut karena gw tau disana itu rame banget, seengganya ga bener-bener sendiri di alam terbuka. Waktu itu juga kayanya yang proper buat ngecamp cuma 1 orang deh, sisanya kita cengo cemua hahaha      Waktu itu kita jalan dari kantor Hari Jumat pagi, makan siangnya di Rumah Makan Ampera Soreang, lumayan murmer dan mengenyangkan. Terus nyampe Ranca Upas, kita bayar karcis gitu buat masuk, hitungannya itu: orang + mobil + biaya camp (yang biaya camp ga tau permobil apa perorang, lupa) ada biaya inep kendaraan juga tapi lupa termasuk ke biaya camp atau beda lagi. Nyampe sana ternyata lumayan rame, ada gelombolan bocah pramuka dan ada