Langsung ke konten utama

ISTILAH OSEANOGRAFI

Tugas Oseanografi
Anggota Kelompok : Viky Fajrul         - 230210100002
                                Ajri Gusandi        - 230210100017
                                I Putu Pratama     - 230210100031
                               Cyntia Rusilawati  - 230210100046

Nama :Cyntia Rusilawati
Npm : 230210100046




    Disini saya akan membahas mengenai beberapa istilah-istilah tentang oseanografi geologi.

    Istilah Oseanografi Geologi
    1. Pergerakan Lempeng
    Tanpa kita sadari lempeng bumi yang kita diamin ini melakukan pergerakan, pergerakan lempeng adalah sebuah gerakan yang dilakukan oleh lempeng. Pergerakan lempeng dapat dibagi menjadi 3 pergerakan, yaitu:
    • Pergerakan Divergen adalah sebuah pergerakan 2 lempeng tektonik yang pergerakannya menjauh satu sama lain.
    • Pergerakan Konvergen adalah sebuah pergerakan 2 lempeng tektonik yang pergerakannya mendekat satu sama lain yang mengakibatkan tumbukan pada salah satu lempeng tektonik tersebut. 
    • Pergerakan Transform adalah sebuah pergerakan 2 lempng tektonik yang pergerakannya hanya bergesekan satu sama lain.
    Gambar 1. Pergerakan Lempeng Tektonik 
    (sumber: nawarsyarif.blogspot.com)

    2. Sesar (fault)
    Sesar merupakan sebuah daerah dimana terdapat pergerakan lempeng tektonik (divergen, konvergen atau transform) yang biasanya ditandai dengan terdapatnya rangkaian gunung berapi pada daerah tersebut.

    3.  Mid Ocean Ridge
    Mid Ocean Ridge adalah rantai gugusan gunungapi yang berada di seluruh dunia, dimana kerak bumi baru terbentuk dan membentuk sebuah tonjolan.
    Gambar2. Mid Ocean Ridge
    (Sumber: en.wikipedia.org)

    4. Seafloor Spreading
    Seafloor Spreading adalah sebuah proses yang terjadi pada Mid Ocean Ridge dimana merekahnya seafloor (dasar laut) akibat aktivitas gunung berapi dan menjauhi pegunungan. 

    5. Seamount
    Seamount adalah sebuah gunung berapi yang terdapat di dalam laut, gunung tersebut tidak sampai muncul kepermukaan.
    Gambar 3. Seamount
    (sumber: rtseablog.blogspot.com)

    6. Vulcanic Island
    Vulcanic Island adalah sebuah gunung berapi yang berasal dari dalam laut namun karena cukup besar maka gunung tersebut dapat  muncul kepermukaan sehingga terlihat seperti pulau.
    Gambar 4. Krakatau
    (sumber: visit-loveindonesia.blogspot.com)

    5. Palung (trench)
    Palung adalah jurang yang terdapat di laut.
    Gambar 5. Palung
    (sumber: fotounikaneh.blogspot.com)

    6. Sedimen
    Sedimen adalah material atau pecahan dari batuan, material tersebut merupakan material yang melayang-layang di dalam air, uara, maupun yang dikumpulkan di dasar sungai atau laut.

    7. Fore Arc Island
    Fore Arc Island adalah pulau-pulau terdepan yang merupakan hasil dari lelehan magma yang naik kepermukaan (akibat dari pergerakan lempeng).

    8. Gosong Pasir
    Gosong Pasir adalah daratan yang terbentuk akibat dari sedimen yang tergerus pada muara.

    Daftar Pustaka:
    Adi Saputra, Asyari.2009.Transpor Sedimen.http://www.ilmukelautan.com/oseanografi/fisika-oseanografi/410-transpor-sedimen (diakses pada tanggal 21 Maret 2012)
    Anonim.2011.Palung.http://id.wikipedia.org/wiki/Palung (diakses pada tanggal 21 Maret 2012)
    Anonim.2012.Seafloor Spreading.http://en.wikipedia.org/wiki/Seafloor_spreading (diakses pada tanggal 21 maret 2012)
    Anonim.2010.Mid Ocean Ridge.http://jurnal-geologi.blogspot.com/2010/01/geo-mor-mid-ocean-ridge.html (diakses pada tanggal 21 Maret 2012)
    Anonim.2012.Oseanografi.http://id.wikipedia.org/wiki/Oseanografi (diakses pada tanggal 21 Maret 2012)
    Nurul Komarudin, Agus.2009.Tugas Oseanografi Geologi.http://agusnurul.blogspot.com/2009/05/tugas-oseanografi-  geologi.html (diakses pada tanggal 21 Maret 2012)


    Kembali kepada blog awal. 
    http://putugonzalez.blogspot.com/2012/03/istilah-oseanografi.html 

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Berang-berang Laut (Sea Otter)

       Yup! Berang-berang laut. Ada ga sih yang tau kalo di laut juga ada berang-berangnya. Ternyata berang-berang itu ada juga yang hidup di laut. kalo dibandingin secara umum dengan berang-berang yang ada di darat sih sebenernya ga jauh beda, tapi pasti ada bagian-bagian tertentu yang bikin mereka berbeda, secara gitu tempat hidupnya juga jelas beda. Nih klasifikasinya: Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Subphylum: Vertebrata Class: Mammalia Order: Carnivora Family: Mustelidae Subfamily: Lutrinae Genus: Enhydra Fleming , 1828 Species: E. lutris      Berang-berang laut / Sea Otter ( Enhydra lutris ) merupakan mamalia laut terkecil (ya secara gitu ya kalo dibandingin sama paus, lumba-lumba, dugong, anjing laut; ya pasti jadi mahluk yang paling kecil lah).  Berat tubuh berang-berang dewasa hanya sekitar 14 - 45 kg. Nah, kalo habitat berang-berang laut ini ada di Utara Samudera Pasifik yaitu di daerah Pantai California, Kanada, Washingto

    Cirebon Short Escape

      Keraton Kanoman Cirebon Cirebon, 2018. Kala itu sedang ngehits-hitsnya tes CPNS. Kebetulan saya ikut tes CPNS untuk pemda Cirebon. Tesnya di sebuah hotel di daerah Kab. Cirebon. Waktu itu niatnya mau pergi sendiri tapi ibu tiba-tiba ingin ikut, jadi aja sekalian kita jalan-jalan. Sempet ada miss waktu itu, jadwal udah keluar, tiket kereta udah beli dan hotel pun udah dibooking, taunya diundur beberapa hari, well hanguslah semuanya. Akhirnya waktu itu kita berangkat sore-sore dari Bandung pake mobil pribadi via tol.  Nyampe Cirebon sekitar jam 7 malem, tempat pertama yang di tuju adalah Grage Mall. Dari dulu penasaran banget sama mall itu karena kayanya itu tu mall paling dibanggakan (pada masanya). Pas udah nyampe sana kita muter-muter bentar terus lanjut ke hotel. Kita nginep di Sapadia Hotel Cirebon, kenapa nginep disana? 1. karena yang paling deket terminal (karena asalnya mau naik bis jadi demi kenyamanan alangkah lebih baik jika mecari hotel terdekat dari terminal), 2. karena me

    Camping for first time...

          Well seumur hidup gw (kurleb 27thn) baru kali ini ngerasain camping, karena sebelumnya parno banget gara-gara waktu kecil pernah camping di halaman rumah temen (yang luas banget) dan tepat tengah malem denger suara yang aneh-aneh. Dari situ ga pernah mau camping lagi. Suatu hari diajak sama temen-temen kantor buat ngecamp di Ranca Upas, Ciwidey. Alesan mau ikut karena gw tau disana itu rame banget, seengganya ga bener-bener sendiri di alam terbuka. Waktu itu juga kayanya yang proper buat ngecamp cuma 1 orang deh, sisanya kita cengo cemua hahaha      Waktu itu kita jalan dari kantor Hari Jumat pagi, makan siangnya di Rumah Makan Ampera Soreang, lumayan murmer dan mengenyangkan. Terus nyampe Ranca Upas, kita bayar karcis gitu buat masuk, hitungannya itu: orang + mobil + biaya camp (yang biaya camp ga tau permobil apa perorang, lupa) ada biaya inep kendaraan juga tapi lupa termasuk ke biaya camp atau beda lagi. Nyampe sana ternyata lumayan rame, ada gelombolan bocah pramuka dan ada